Praktikum

Praktikum adalah informasi mengenai rangkaian praktikum selama setahun baikuntuk kelas S1 Reguler maupun S1 Kelas Khusus

LEADERSHIP IN BUSINESS

RUANG SERBA GUNA (RSG)
UNIVERSITAS PADJADJARAN
16 JANUARI 2008
ANGKATAN 2004 S1 REGULER

PEMBICARA :
Direktur Max Recall
Komisaris MEDCO International
Pemilik FO ‘THE BIG PRICE CUT’
Manajer SDM ‘YOGYA GROUP’
Direktur ‘PROGNOSA’

PRAKTIKUM
ADMINISTRASI AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN

22 JANUARI 2008
GEDUNG D LT.2
FISIP – JATINANGOR
UNIVERSITAS PADJADJARAN
ANGKATAN 2005 S1 REGULER

PEMBICARA
Staff Pengajar Administrasi Niaga
Tim Departemen Keuangan RI
Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Barat I


2 Responses to “Praktikum”

  1. praktikun 2005 harus bisnis plan pak??Kenapa tidak marketing plan saja??Objeknya adalah pelaku bisnis yang sudah ada di jtngr seperti rumah makan,warnet,dll..Menurut saya akan lebih bermanfaat bagi keduanya..mahasiswa mendapat ilmu lebih banyak dari bisnis yang sudah berjalan daripada bisnis yang baru akan dibangun dan pemilik bisnis mungkin akan sedikit terbantu atas keterlibatan mahasiswa..Menurut saya terdapat kekurangan jika hanya sekedar membuat bisnis plan dan mendirikannya sebagai usaha yang baru berdiri..Pertama modal awal yang mungkin terkumpul hanya bisa digunakan untuk membuat bisnis sangat sederhana,,tanpa tempat,,produk sederhana,,kedua,,selama ini kami sudah biasa melakukan program pencarian dana untuk kegiatan2 himpunan melalui berjualan makanan dsb–di dalamnya terdapat sedikit unsur pemaksaan kepada pihak lain (kerabat,,teman kos2an,,junior,,senior) untuk membeli produk yang dijual(pemasaran yang dipaksakan)..Menurut saya praktikum ini lebih cocok diberikan pada awal2 semester..Mengapa marketing plan??Saya sendiri baru2 ini pada mata kuliah kewirausahaan diperintahkan untuk membuat b.plan..Tapi hasil yang kami rasakan kurang maksimal karena b.plan yang baik sedikit terlalu kompleks untuk bisnis kecil..terlebih apabila dana yang disediakan hanya 500rb kebawah yang profitnya tidak seberapa (kecuali,terdapat faktor2 tertentu)..Sedangkan jika membuat marketing plan–kita bisa mengetahui hambatan bisnis kecil yang sewajarnya (minimal memiliki lokasi resmi untuk berjualan) dari berbagai segi keuangan (jika pemilik mengizinkan),pemasaran,manajemen,dll..sekian usul saya..terima kasih ^^

  2. waktu 2004 mata kuliah kewirausahaan pernah menerapkan itu,,
    bukan businessplan tapi pendampingan usaha kecil menengah jadi selama 6 bulan kita ikut disana ngasih2 masukan dsb…
    hmm,saranku ya…
    ikut aja di LP3ANI coba hubungi pak RIvani..programnya bagus2 buat ngembangin skill bisnismu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: