PKM di Lingkungan UNPAD

Untuk lebih meningkatkan kesiapan serta memberikan pencerahan kepada para mahasiswa yang karyanya lolos didanai Dikti pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Biro Administrasi Kemahasiswaan Unpad menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal terhadap setiap hasil kreativitas mahasiswa. Monev Internal ini juga merupakan salah satu usaha dalam menghadapi Monev Nasional dari Dikti yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-26 Mei 2012 mendatang.

“Ini Sebagai ajang mempersiapkan diri untuk menghadapi monev  Dikti yang merupakan ajang seleksi untuk lolos Pimnas” ujar Kepala Bagian Minat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Unpad, Benny R. Saerang, S.Sos. Tahun ini, tidak kurang dari 123 proposal mahasiswa Unpad berhasil mendapat dana PKM dari Dikti. Ada 5 bidang yang menjadi garapan para mahasiswa Unpad dalam PKM ini yaitu bidang Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Penelitian, Karya Cipta, serta Bidang Teknologi dan Rekayasa.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di beberapa ruang Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) kampus Unpad, Jatinangor, pada hari Kamis (26/4) hingga esok Jumat (27/4), para mahasiswa diajak untuk menyajikan hasil karya mereka dihadapan para reviewer yang diantaranya Ade Makmur Kartawinata, Drs., M.Phil., PhD., Dr. Wilis Srisayekti, Ir. Marleen Sunyoto, MP., Dr. Iman Hernawan, Ir., MSc., dan Ir. Sondy Kuswaryan, MS.

Salah satu reviewer senior yang juga ikut dalam kegiatan ini, Ir. Marleen Sunyoto, MP., mengungkapkan bahwa Monev Internal ini bukan untuk menguji atau menilai hasil karya para mahasiswa, melainkan untuk melihat atau memonitor kemajuan hasil kreativitas mahasiswa yang berhasil didanai oleh Dikti.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan melalui kegiatan ini, para mahasiswa yang mengikuti PKM dapat mengetahui apa kelemahan mereka, dan para reviewer dapat mengetahui masalah yang dihadapi para mahasiswa “kegiatan ini juga untuk mencari masalah yang dihadapi ketika melaksanakan kegiatan, sehingga pada waktu menyelesaikan kegiatan nanti masalah itu sudah bisa diselesaikan, sehingga mereka nanti siap untuk Monev Nasional. Setelah itu kalau nilainya bagus mempersiapkan diri untuk maju ke Pimnas di Yogyakarta pada bulan Juli,” terang beliau.

Nada optimis juga terlontar dari beliau, bahwa para mahasiswa Unpad dapat berbuat lebih pada Monev Nasional hingga akhirnya ke Pimnas nanti, terlebih ketika melihat judul-judul proposal yang ada di tahun ini “Kalo liat judul-judulnya dari tahun ke tahun judul-judulnya sampai sekarang itu sudah bagus” ungkapnya.

Benny R. Saerang juga menargetkan jumlah tertentu untuk dapat lolos ke Pimnas nanti “Dari 123 tim yang didanai Dikti ini kami menargetkan 10% dari jumlah ini untuk bisa lolos Pimnas” tuturnya.

Ditemui seusai melakukan presentasi, Annisa Reswari mahasiswi angk. 2010 Fikom Unpad yang akrab dipanggil Ari ini mengaku cukup terbantu setelah mengikuti Monev Internal. “Direview, dikasih tahu seperti apa harus melakukan perbaikan untuk di Monev DIKTI nya, dikasih saran dan kesannya setelah mengikuti Monev Internal ini Alhamdulillah cukup terbantu,” tutur mahasiswi yang mengikuti PKM dalam bidang Kewirausahaan dengan judul “Nugget Jamur Tiram” ini.

~ by adbis on May 2, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: